REVIEW JURNAL MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )


REVIEW JURNAL
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM



1.       Judul                          :      PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI MOTIVASI, DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMITMEN
2.       Pengarang / Tahun     :      Agung Prihantoro
3.  Nama Jurnal      :      VALUE ADDED, Vol.8, No.2, Maret 2012 – Agustus 2012  http://jurnal.unimus.ac.id
4.       Subyek                       :      Guru MTs dan MA Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati.
5.       Obyek                         :      Madrasah di Lingkungan Yayasan Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati
6.       Reviewer                    :      Agus Widodo
7.       Identifikasi Masalah
Era globlalisasi menuntut organisasi atau lembaga institusi dituntut untuk mengadakan penyesuaian-penyesuaian dalam semua segi yang ada pada organisasi tersebut.Untuk mencapai tujuan, organisasi diharapkan mampu mengoptimalkan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Manusia merupakan sumber daya yang paling bernilai, dan ilmu perilaku menyiapkan banyak teknik dan program yang dapat menuntun pemanfaatan sumber daya manusia secara lebih efektif. Kinerja sumber daya manusia dipengaruhi oleh komitmen, komitmen organisasi merupakan kekuatan yang bersifat relatif dari karyawan dalam mengidentifikasi keterlibatan dirinya ke dalam bagian organisasi. Hal ini ditandai dengan tiga hal, yaitu 1). Penerimaan terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi, 2). Kesiapan dan kesediaan untuk berusaha sungguh-sungguh atas nama organisasi, 3). Keinginan untuk mempertahankan keanggotaan di dalam organisasi. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
§  Bagaimana pengaruh motivasi  terhadap komitmen.
§  Bagaimana pengaruh disiplin  terhadap komitmen.
§  Bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen.
§  Bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja sumber daya manusia. 
§  Bagaimana pengaruh disiplin terhadap kinerja sumber daya manusia.
§  Bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja sumber daya  manusia.
§  Bagaimana pengaruh komitmen terhadap kinerja sumber daya manusia.

8.       Pembahasan
Pengaruh Motivasi Terhadap Komitmen
Hasil olah data dengan SmartPLS dari hasil tanggapan yang diberikan responden menunjukkan adanya pengaruh positif antara motivasi (Sungguh-sungguh dalam menyelesaikan pekerjaan dan berani berkorban, Tanggung jawab dalam bekerja, serta Sikap ulet, tabah, jujur dan konsisten dalam bekerja) terhadap komitmen. Ini berarti bahwa semakin tinggi atau semakin kuat motivasi, maka komitmen sumber daya manusia juga akan meningkat. 
Pengaruh Disiplin Terhadap Komitmen
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin mempunyai pengaruh positif terhadap komitmen. Hal ini berarti jika disiplin (Penggunaan waktu secara efektif, Ketaatan terhadap peraturan yang telah ditetapkan, serta Datang dan pulang tepat waktu) semakin meningkat, maka kinerja sumber daya manusia juga akan meningkat atau dapat dikatakan bahwa semakin tinggi disiplin sumber daya manusia maka semakin tinggi komitmen sumber daya manusia. 
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja (Hubungan antar karyawan, Suasana kerja, dan Fasilitas-fasilitas kerja karyawan) mempunyai pengaruh positif terhadap komitmen, artinya lingkungan kerja semakin kondusif maka akan meningkatkan komitmen guru MTs dan MA Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati. 
Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja sumber daya manusia, artinya semakin tinggi motivasi kerja karyawan dalam organisasi akan meningkatkan kinerja sumber daya manusia. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi mampu meningkatkan kinerja sumber daya manusia sehingga pada saat motivasi meningkat maka kinerja sumber daya manusia juga meningkat.  Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja sumber daya manusia, artinya semakin tinggi disiplin karyawan kepada organisasi akan meningkatkan kinerja sumber daya manusia. Hal ini berarti jika disiplin karyawan meningkat maka kinerja sumber daya manusia juga akan meningkat atau dapat dikatakan bahwa semakin tinggi disiplin karyawan maka semakin tinggi kinerja sumber daya manusia.  Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja sumber daya manusia, artinya lingkungan kerja semakin kondusif akan meningkatkan kinerja guru MTs dan MA Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja mampu meningkatkan kinerja sumber daya manusia.  Pengaruh Komitmen Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen (Memiliki hasrat, Memiliki kemauan, serta Memiliki ikatan emosional) mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja sumber daya manusia, artinya dengan adanya komitmen yang tinggi maka akan meningkatkan kinerja guru MTs dan MA Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati

9.       Kesimpulan
o   Adanya pengaruh motivasi (Sungguh-sungguh dalam menyelesaikan pekerjaan dan berani berkorban, Tanggung jawab dalam bekerja, serta Sikap ulet, tabah, jujur dan konsisten dalam bekerja) terhadap komitmen artinya makin baik motivasi akan meningkatkan komitmen guru.
o   Disiplin (Penggunaan waktu secara efektif, Ketaatan terhadap peraturan yang telah ditetapkan, serta Datang dan pulang tepat waktu) berpengaruh terhadap komitmen artinya makin baik disiplin akan meningkatkan komitmen guru.
o   Diketahui adanya pengaruh lingkungan kerja (Hubungan antar karyawan, Suasana kerja, dan Fasilitas-fasilitas kerja karyawan) terhadap komitmen artinya makin kondusif lingkungan kerja akan meningkatkan komitmen guru.
o   Ada pengaruh motivasi terhadap kinerja sumber daya manusia artinya makin baik motivasi akan meningkatkan kinerja sumber daya manusia.
o   Disiplin berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia artinya makin baik disiplin akan meningkatkan kinerja sumber daya manusia.
o   Diketahui adanya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja sumber daya manusia artinya makin kondusif lingkungan kerja akan meningkatkan kinerja sumber daya manusia.
o   Adanya pengaruh komitmen (Memiliki hasrat, Memiliki kemauan, serta Memiliki ikatan emosional) terhadap kinerja sumber daya manusia artinya makin tinggi komitmen akan menaikkan kinerja sumber daya manusia.

Jurnal di download di : 
https://media.neliti.com/media/publications/22850-ID-peningkatan-kinerja-sumber-daya-manusia-melalui-motivasi-disiplin-lingkungan-ker.pdf

Komentar